SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Empat belas abad silam Allah menurunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, di masa ketika masyarakat Arab berada dalam jurang kenistaan, kekacauan dan kejahiliyahan. Mereka adalah bangsa tak berperadaban, yang menyembah berhala buatan tangan mereka sendiri, yang
meyakini peperangan dan pertumpahan darah sebagai hal yang mulia, dan bahkan tega membunuh anak-anak mereka sendiri. Namun, melalui Islam mereka mendapatkan pengetahuan tentang nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban. Tidak hanya bangsa Arab, namun seluruh bangsa yang memeluk Islam terbebaskan dari kegelapan zaman jahiliyah dan tercerahkan oleh hikmah ilahiyah Al Qur’an. Di antara hal penting yang disampaikan Al Qur’an untuk umat manusia adalah pola pikir untuk apa mereka diciptakan ke dunia ini dan bagaimana menyikapinya agar bisa selamat dunia sampai akherat ?

Senin, Desember 07, 2009

PANDUAN MANASIK HAJI

Bagi anda yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini, ada dua hal pokok yang perlu anda persiapkan :

1. Ikhlas berniat karena Alloh, dalam surat Albayyinah:5

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.
[1] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan.
2. Ittiba’. Mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah SAW.
Diinul Islam agama yang kita anut sudah sangat lengkap dan sempurna. Maka cukuplah Rasulullah sebagai contoh dan petunjuk yang kita ikuti. Dalam masalah Addin kita diharamkan mengadakan sesuatu yang baru. Rasulullah bersabda :
“Artinya : Janganlah kamu sekalian mengada-adakan urusan-urusan yang baru, karena sesungguhnya mengadakan hal yang baru adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat”. [Hadits Riwayat Abdu Daud, dan At-Tirmidzi ; hadits hasan shahih].

Untuk itulah pengetahuan tatacara pelaksanaan ibadah haji harus anda ketahui dengan benar, sehingga anda dapat menjalankan rukun,wajib dan sunnah haji dengan sempurna sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah. Karena saat ini banyak sekali versi-versi pelaksanaannya yang dapat anda saksikan ditanah suci. Jika anda tidak mempunyai pemahaman yang benar,maka sangat disayangkan kesempatan yang mungkin hanya sekali dalam hidup anda akan sia-sia, dan penyesalan yg anda ratapi ketika sudah kembali ke tanah air.
Anda dapat mempelajari dari berbagai sumber buku yang dibuat oleh ulama-ulama yang dapat dipertanggung jawabkan.


Referensi Panduan Manasik

Mengikuti KBIH bukanlah suatu kewajiban, yang bahkan seringkali kita temui justru KBIH tidak membimbing jamaah haji dengan benar, unsur bisnis lebih dikedepankan oleh yayasan-yayasan KBIH. Anda sudah kehilangan jutaan rupiah untuk biaya manasik haji. Padahal manasik haji yang diselenggarakan oleh departemen agama menurut saya justru lebih bagus, walaupun waktunya hanya 10 hari. Pengalaman saya waktu itu justru saya melihat yang diberikan dalam manasik haji depag sudah memadai.
Saya sudah menghimpun beberapa catatan manasik haji dari beberapa sumber buku karya ulama terkenal dan juga beberapa catatan manasik haji tahun 1423H dan 1427H, dan jika anda berminat membacanya anda dapat mendownloadnya (catatan tersebut bukan untuk dikomersialkan). Saya sendiri sudah mencetak catatan tersebut dalam bentuk buku saku yang saya beri judul "Hajjatur Rasul" (telah direvisi tanggal 19 Nov 2009)


Semoga dapat membantu anda dalam memahami manasik haji.

Dengan mempertimbangkan banyaknya permintaan ke email ku yang meminta Ringkasan Buku Hajjaturasul , aku telah postingkan tulisan tentang rangkuman manasik haji (telah direvisi tanggal 19 Nov 2009) dengan contoh do'a dengan bahasa Arab dan dilengkapi dengan tulisan bahasa
Indonesia serta terjemahannya. Anda dapat mendownloadnya dengan mengklik icon di bawah ini.

Sebagai informasi tambahan bagi Anda, bisa juga mengunjungi situs yang memberikan penjelasan tentang Haji dan Umrah yang dileuarkan oleh pemerintah Arab Saudi, isinya bagus dan cukup lengkap (dilengkapi juga dengan visualisasi). Jika berminat silahkan kunjungi Link berikut ini.

Jika Anda ingin menambah ilmu tentang Haji dan Umrah Anda bisa membaca tulisan ulama berikut :

1. Buku Haji dan Umrah seperti Rasulullah SAW , karya Syaikh Muhammad Nashirudin Al-Albany

2. Manasik Haji dan Umrah , karya syaikh Muhammad Shalih Al 'Utsaimin.

Untuk tanyangan dalam bentuk video dapat Anda kunjungi postingan saya disini .

Sumber : http://abusyafwan.blogspot.com/2007/11/panduan-manasik-haji.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar